Tips Membaca

Tips Memilih Novel Bagi Kalian Para Remaja Pecinta Buku

Untuk kalian yang masih berusia remaja, membaca teenlit mungkin bisa menjadi pilihan asik untuk kalian mengisi waktu luang.

Kebanyakan novel remaja menggunakan bahasa yang santai serta gaul sehingga bisa dekat dengan kehidupan sehari – hari kalian.

Tema – tema yang diangkat juga sudah taka sing lagi yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita – cita, hingga romansa.

Membaca buku fiksi seperti novel dapat memberikan banyak sekali manfaat, terutama bagi kalian para remaja.

Membaca novel bisa meningkatkan kemampuan berimajinasi. Saat membaca, kalian pasti akan membayangkan penampilan tokoh – tokohnya, setting, hingga kejadian – kejadian yang ada di dalamnya.

Kemampuan berimajinasi ini cukup penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif sekaligus membantu remaja agar bisa lebih memahami relitas.

Selain itu, kalian bisa lebih mengolah perasaannya dan menumbuhkan rasa empati. Di dalam novel, pasti aka nada tokoh protagonist dan antagonis.

Dengan memahami konflik yang terjadi, kalian pasti akan mampu mendalami alasan seseorang melakukan suatu tindakan tertentu. Dengan begitu, kalian bisa belajar untuk tidak mudah men judge seseorang.

Satu lagi manfaat yang bisa kalian dapatkan adalah novel remaja juga bisa memberikan banyak sekali pelajaran hidup.

Tema serta penokohan yang dekat dengan kehidupan sehari – hari membuat banyak pembaca yang merasa relate atau terhubung dengan cerita di dalam novel.

Karena itulah, banyak pembaca yang bisa belajar menghadapi permasalahannya dari tokoh di dalam novel yang dibaca.

Jika kalian sedang mencari novel remaja yang bagus dan menarik, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips untuk memilih novel sesuai kegemaran kalian.

1.Eksplorasi Berbagai Tema yang Disuguhkan

Eksplorasi Berbagai Tema yang Disuguhkan

Di antara semua novel remaja yang ada di pasaran, tema percintaan sangat mendominasi. Umumnya, novel romance remaja dibumbui dengan komedi segar.

Novel dengan tema ini cocok dijadikan bacaan ringan pengisi waktu luang. Kalian sebaiknya mengeksplorasi tema-tema lainnya juga. Selain supaya tidak bosan, banyak hal yang dapat dipetik dari novel dengan tema berbeda.

Novel bertema keluarga, misalnya. Perpisahan atau perpecahan dalam keluarga sering diangkat sebagai konflik utama.

Pembaca bisa melihat perjuangan si protagonis dalam menghadapinya, mulai dari menjadi terpuruk hingga akhirnya bisa bangkit lagi. Tema lain yang juga bagus untuk dibaca remaja adalah tentang cita-cita.

Banyak novel yang menyorot perjuangan tak biasa si tokoh utama dalam menggapai cita-citanya. Dengan membacanya, kalian bisa belajar pentingnya memiliki mimpi, serta memotivasi diri sendiri untuk mewujudkannya.

Nah, buat kalian yang menyukai cerita penuh ketegangan, pilihlah novel thriller atau misteri. Sepanjang cerita, kalian akan dibawa bertualang bersama tokoh utamanya untuk menemukan jawaban dengan cara mengumpulkan berbagai petunjuk.

Tak jarang, kalian akan dibuat gemas akibat adanya plot twist di dalamnya. Beberapa novel thriller juga sering dibuat berseri sehingga membuat kalian ketagihan untuk menguak semua jawaban tentang misterinya.

2.Pilih Dengan Label Best Seller Baca Review Atau Resensi Dari Pembaca Lain

Pilih Dengan Label Best Seller Baca Review Atau Resensi Dari Pembaca Lain

Novel yang berlabel best seller memiliki kesempatan yang lebih besar untuk disukai banyak pembaca baru. Biasanya, ceritanya menarik. Tokohnya pun meninggalkan image yang melekat kuat di hati pembaca.

Tak semua novel bisa mendapatkan label best seller. Hanya novel yang dibeli hingga jutaan copy saja yang mendapatkannya. Dengan animo pembaca sehebat itu, kalian tak perlu meragukan kualitas ceritanya.

Novel best seller juga lebih mudah didapatkan. Umumnya, toko buku memiliki rak khusus untuk memajangnya.

Kalian juga bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai EC sites. Namun, kalian perlu waspada karena novel best seller banyak bajakannya. Pilihlah penjual yang kredibel atau belilah di official store untuk menghindari produk bajakan.

Jika kalian masih kurang yakin dengan satu novel, bacalah ulasan atau resensi dari pembaca lain. Kalian bisa menemukan banyak sekali ulasan di berbagai blog pribadi atau di Goodreads.

Membaca review bisa memberikan kalian gambaran tentang kelebihan sebuah novel hingga kekurangannya.

Hanya saja, beberapa ulasan mungkin mengandung spoiler yang bisa mengurangi keasyikan kalian membaca. Untuk itu, berhati-hatilah saat membaca ulasan agar tidak tersandung spoiler.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mencari dan memilih novel kesukaan kalian. Semoga bermanfaat.

You may also like...