Tips Membaca

Tips Beli Buku Bekas Dengan Cerdas!

Kamu mungkin pernah kesal saat mencari buku namun buku tersebut sudah tak tersedia di toko kesayangan kalian.

Biasanya, hal ini terjadi jika buku yang kalian cari merupakan buku lama yang sudah tidak diterbitkan lagi. Mungkin, mendonwload buku lama tersebut bisa dilakukan, namun masih banyak orang yang kurang menikmati membaca buku dalam bentuk digital.

Nah, untuk kalian yang berencana membeli buku bekas di e commerce maupun secara langsung, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan.

1.Kenali Buku dan Bedakan Buku Ori dan Kw

Kenali Buku dan Bedakan Buku Ori dan Kw

Sebelum menuju lapak buku bekas, pastikan kamu mengenali buku yang kamu incar. Kamu harus tahu kalau terkadang ada buku yang rusak di bagian cover sehingga judul nggak terbaca dengan sempurna atau warnanya sudah pudar.

Cobalah screenshot cover buku dari internet dan tunjukkan pada pemilik toko. Pasalnya, nggak semua lapak buku bekas menyediakan buku yang kamu cari. Yang nggak kalah penting, catat juga judul buku tersebut. Cara ini akan membuat kamu nggak buang-buang waktu.

Harus diakui nggak semua buku yang tersedia di lapak buku bekas merupakan produk original. Banyak pula yang berupa bajakan, Millens.

Karena itu, kamu harus jeli membedakannya. Salah satu bagian yang bisa kamu perhatikan adalah warna cover. Kalau warna cetaknya pudar atau terlalu mencolok, kemungkinan buku tersebut bajakan.

Jenis kertas yang digunakan buku kw juga biasanya low grade. Jika dilihat tampak buram dan tipis saat dirasakan sementara font­­-nya miring dan tintanya kabur.

Membeli buku-buku bajakan memang hak setiap orang, tapi kalau bisa jangan ya. Selain merugikan negara, para penulis favoritmu juga bakalan sedih.

2.Jangan Ragu Menawar dan Sabar dalam Memilah dan Memilih

Jangan Ragu Menawar dan Sabar dalam Memilah dan Memilih

Ini nih yang paling asyik kalau beli buku di lapak buku bekas, boleh menawar. Baik buku original maupun kw harga bisa nyungsep asal kamu jago nawar. Meskipun ada buku-buku yang tetap dihargai tinggi oleh penjual karena berbagai pertimbangan, tapi tetap saja harganya lebih terjangkau dibanding di toko buku besar.

Hal-hal yang bisa kamu jadikan “senjata” untuk menawar adalah kondisi kertas yang sudah menguning atau ada kerusakan. Kamu bahkan bisa menentukan harga kalau memborong buku. Mantap kan?

Nggak semua pelapak buku bekas mau repot merapikan dagangannya. Apalagi memisahkannya berdasarkan kategori.

Mereka juga terkadang nggak tahu di mana menempatkan buku yang kamu pengin. Jadi mau nggak mau kamu harus turun tangan untuk udal-udal tiap rak buku. Karena itu, kamu kudu ekstra sabar. Siapa tahu ada buku keren yang terselip di antara gunungan buku.

3.Tanyakan Stok Dan Pergi Ke Toko Buku Pada Tengah Tahun Atau Akhir Tahun

Tanyakan Stok Dan Pergi Ke Toko Buku Pada Tengah Tahun Atau Akhir Tahun

Jangan ragu bertanya tentang stok buku yang kamu incar. Jika nggak mendapatkannya di satu lapak, kamu bisa bertanya di lapak mana lagi yang masih menyimpan stok. Konon, mereka memperoleh buku dari distributor atau komunitas yang sama.

Walaupun kita bisa membeli buku kapanpun, tapi waktu pertengahan tahun seperti bulan Juni-Agustus dan akhir tahun seperti bulan November-Desember merupakan waktu yang paling tepat untuk berbelanja buku.

Ini karena pada kedua waktu tersebut, toko buku sering mengadakan promo besar-besaran sehingga kita bisa mendapatkan buku dengan harga yang lebih murah karena waktu-waktu tersebut merupakan pergantian semester bagi mereka yang bersekolah.

Selain itu, pada kedua waktu tersebut juga tidak jarang toko buku menjual buku-buku stok lama yang belum terjual dengan harga jauh lebih murah tetapi dengan kualitas buku baru.

Saat ini, ada banyak aplikasi smartphone yang memberikan berbagai promo di toko buku untuk kita yang suka hunting buku. Aplikasi ini juga biasanya bersifat gratis dan hanya mengharuskan kita untuk registrasi saja untuk menggunakannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan dan coba terapkan jika kalian berencana membeli buku bekas di e commerce maupun secara langsung. Semoga artikel ini dapat berguna serta bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin membeli buku bekas.

You may also like...