Tips Membaca

Suka Baca? Yuk Coba Bikin Perpustakaan di Rumah!

Untuk kalian yang suka membaca, perpustakaan merupakan tempat ternyaman untuk menghabiskan waktu. Selain itu, perpustakaan juga berperan penting dalam memberikan informasi lengkap yang dibutuhkan oleh pembacanya.

Untuk membawa sensasi membaca layaknya di perpustakaan, kalian mungkin memilih untuk mendirikan perpustakaan sendiri di rumah.

Namun sebelum itu, ada hal yang harus kalian ketahui dulu sebelum kalian mendirikan perpustakaan sendiri di rumah.

1.Temukan Tempat Tenang dan Lakukan Inventarisasi

Temukan Tempat Tenang dan Lakukan Inventarisasi

Sebelum memulai untuk merencanakan apapun termasuk mendirikan perpustakaan di rumah, penting bagi kalian untuk menemukan setiap sudut rumah yang dirasa tepat.

Kalian juga sebaiknya mengetahui sudut rumah mana yang tak banyak dilewati banyak orang saat sedang berada di rumah.

Sama halnya dengan perpustakaan, yang memang membutuhkan rasa nyaman serta damai bagi para pembacanya.

Kalian juga bisa memanfaatkan lorong di rumah dengan menaruh rak buku di sisi–sisi dinding untuk menghemat ruangan.

Jika memungkinkan, gunakan rak tinggi yang dapat menutup seluruh dinding. Namun bila terbatas, gunakan rak yang tingginya setengah dari tinggi dinding. Berikan warna yang ringan agar lorong rumah tidak terlihat sempit.

Setelah mengetahui tempat yang tepat untuk mendirikan perpustakaan, kalian juga harus tahu ada berapa banyak buku yang harus kalian punya.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kalian harus mendirikan perpustakaan yang bisa menampung seluruh buku itu.

Jika perpustakaan yang dimiliki tak cukup untuk menampung seluruh buku, maka kalian harus bisa memilah buku mana saja yang penting untuk diletakkan di perpustakaan.

2.Ukur Ruangan dan Pilih Rak Buku Yang Layak

Ukur Ruangan dan Pilih Rak Buku Yang Layak

Untuk menampung seluruh koleksi buku kalian, lihat apakah area yang akan kalian jadikan perpustakaan memiliki tempat yang cukup.

Karena, bisa jadi dengan terlalu banyaknya buku yang menumpuk dengan tata letak tak rapi membuat rak buku kalian bisa roboh.

Ada baiknya kalian mengukur ruangan yang akan digunakan untuk meletakkan buku yang akan kalian jadikan perpustakaan di rumah.

Setelah berhasil mengukur ruangan untuk dijadikan tempat perustakaan, jangan lupa untuk membeli rak buku yang sesuai dengan kapasitas buku yang kalian miliki.

Jika memiliki buku yang banyak, kalian harus membeli rak buku besar dan juga tinggi. Hal tersebut bertujuan agar tak terjadi penumpukan buku yang membuat perpustakaan jadi kurang rapi.

Bukan hanya itu saja, sesuaikan juga dengan ketebalan buku yang kalian punya. Jika memang kalian tak memiliki buku yang terlalu banyak, rak buku yang lebih kecil dan pendek bisa menjadi pilihan kalian.

Selain itu, kalian juga boleh mengatur dan memilih model rak buku yang kalian mau. Pastikan juga rak buku tersebut sesuai dengan dekorasi yang sudah ada di dalam ruangan perpustakaan kalian.

Bukan hanya memiliki perpustakaan di dalam rumah, kalian juga pastinya ingin memamerkan koleksi buku dengan pilihan model rak buku yang cantik kan?

Jangan lupa untuk memilih dan menyesuaikan warna rak buku yang sesuai dengan tema desain interior rumah kalian.

Jika ingin membuat visual yang menarik di perpustakaan kalian, desain rak buku menjadi sesuatu yang tidak biasa. Misalnya setiap kubikal buku diletakkan dengan posisi diagonal, sehingga selain menambah nilai artistik.

3.Sediakan Tempat Duduk Yang Nyaman dan Tangga

Sediakan Tempat Duduk Yang Nyaman dan Tangga

Agar waktu membaca menjadi lebih nyaman, tambahkan juga tempat duduk seperti sofa dengan bantal atau kursi yang cukup empuk agar betah duduk berlama – lama. Apalagi jika kalian bermain slot di ruang perpustakaan seperti gambar diatas, pastinya bisa mainkan judi online dengan tenang dan nyaman lho.

Agar kursi tersebut tidak mengaburkan pandangan mata dengan banyaknya buku, gunakan kursi dengan warna yang solid dan netral.

Jika perpustakaan rumah mini kalian memiliki rak yang cukup tinggi hingga ke langit – langit rumah, tambahkan tangga yang praktis dan bisa digeser dengan mudah.

Cat pula tangga tersebut dengan warna yang cerah agar desain perpustakaan kecil lebih cerah dan cantik.

Perpustakaan merupakan tempat yang digunakan selama berjam-jam, baik untuk membaca buku, belajar, bahkan melakukan penelitian.

Pastikan perpustakaan rumah kalian memiliki pencahayaan berkualitas, sehingga aktivitas membaca tidak akan merusak mata. Untuk menambah efek dramatis, tambahkan lampu kecil di bagian atas rak yang dapat menyorot buku-buku.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat rak buku kalian sendiri. Semoga bermanfaat.

You may also like...